Rabu, 25 Agustus 2010

Anak Pmbangkang

Disampaikan : Umayyah bin abi al-shilat

Aku telah membrimu makanan ketika nkau dilahirkan
Aku tlah mencukupkan blanjamu ktika engkau beranjak dewasa
Dan engkau telah minum apa yang aku petikan untukmu
Jika suatu malam datang bertamu kepadamu dengan membawa penyakit
Tak pernah bermalam karena sakitmu
Kecuali aku berjaga sambil gelisah
Seakan-akan aku merasakan sendiri penderitaan yang engkau telah derita
Sehingga air mataku jatuh berlinang
Jiwaku merasa cemas bila kematian datang merenggutmu
Sedangkan ia mengetahui bahwa kematian itu pasti datang
Namun, ketika engkau telah dewasa
dan masa telah berlangsung lama,
teryata engkau bukanlah orang yang pernah aku harapkan
Tlah kau balas jasaku dengan kekerasan dan kekasaran
Seakan-akan engkaulah yang memberi nikmat dan keutamaan itu
Andaikan engkau tidak dapat memlihara hak kebapakanmu ,
mudah-mudahan engkau dapat memperlakukan aku seperti tetangga dekat
Atau, mudah-mudahan aku mempunyai hak tetangga,
engkau tidak bakhil kepadaku dengan harta yang bukan hartamu.